PT. SAGO NAULI – RAHASIA SUKSES PROGRAM KEMITRAAN

Dengan suksesnya program kemitraan perkebunan kelapa sawit antara PT. Sago Nauli dengan Warga Transmigrasi Umum dan Warga Tempatan dalam bentuk program Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM) banyak orang bertanya hal ini berulang-ulang kepada Manajemen PT. Sago Nauli. Apa rahasia sukses yang mengharumkan nama Kabupaten Mandailing Natal yang masih tergolong Kabupaten yang berusia muda ini ?

Rahasia sukses program ini bukanlah merupakan sesuatu yang baru dan rumit. “Tidak ada ilmu roket (rocket science) dalam pengelolaan program kemitraan tersebut.”, demikian kata Direktur Utama PT. Sago Nauli mengawali wawancara ini. “Yang terpenting adalah Bapak Angkat harus jujur terhadap Anak Angkatnya dan Anak Angkat harus terlibat secara aktif dalam program tersebut sehingga tranparansi komunikasi terjadi di setiap aspek operasional”. Jika ada keterlibatan maka akan ada tanggungjawab, dengan adanya tanggungjawab maka ringan sama dijinjing dan berat sama dipikul.

Mengelola tujuh unit Koperasi sebagai wadah dari Warga Binaan, PT. Sago Nauli berjuang keras mewujudkan impian yang sangat didambakan oleh warga yakni, kesejahteraan ekonomi. Mengelola kebun ditengah badai krisis ekonomi di tahun 1998 merupakan cobaan terberat yang pernah dialami. “Saya sangat bersyukur kita dapat keluar dengan selamat dari badai tersebut” tukas Direktur Utama PT. Sago Nauli.

Efek krisis moneter yang terus berkelanjutan setelah 1998 tidak membuat PT. Sago Nauli menyerah. Pengelolaan kebun mulai dari awal hingga akhir diusahakan sesuai dengan standar perkebunan besar yang sudah lama eksis di Indonesia. Bibit sawit asli dari balai benih ternama yang memiliki produktivitas yang tinggi dan perawatan yang optimal telah menunjukkan hasil yang nyata saat ini.

Hingga kini banyak pihak yang heran melihat kondisi antara kebun plasma binaan dan dengan kebun inti yang tidak dapat dibedakan satu dengan lainnya. Semuanya dirawat dan berproduksi secara seimbang. Inilah wujud komitmen PT. Sago Nauli dalam pembangunan plasma.

Saat ini jika warga ingin berpergian taksi sudah siap menjemput di depan pintu rumah. Padahal dahulunya untuk mencapai jalan utama saja warga harus berjalan kaki berjam-jam lamanya. Sungguh hal ini merupakan buah kerja keras yang tidak sia-sia…

Admin.

About adichang

PT. Sago Nauli
This entry was posted in Berita and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s