PEMEKARAN DESA DAN KECAMATAN – BUAH KESEJAHTERAAN EKONOMI KERAKYATAN

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, daerah yang dahulunya disebut dusun sekarang berubah menjadi desa. Desa kemudian semakin berkembang lagi menjadi lebih besar dan melahirkan dusun baru. Dusun yang baru kelak menjadi Desa tersendiri yang mandiri. Perkembangan ini membawa kita kepada pertanyaan: Mengapa suatu dusun atau desa lebih cepat berkembang tetapi tidak demikian untuk Desa atau Dusun lainnya?

Hampir semua aktivitas kita digerakkan oleh suatu sumbu, sumbu tersebut bernama perekonomian. Semakin tinggi aktivitas perekonomian di suatu daerah maka semakin cepat daerah itu berkembang. Jadi fundamental konsep pemekaran daerah; baik dusun, desa, kecamatan maupun kabupaten biasanya didahului (kalau tidak bisa disebut didasari) oleh aktivitas perekonomian.

Selanjutnya, sesuai dengan salah satu tujuan utamanya, pemekaran yang terjadi akan memberikan dampak percepatan pembangunan di berbagai sektor yang terfokus pada keunggulan yang ada di daerah tersebut. Jadi sesuatu yang sebelumnya sudah ada lebih ditingkatkan dan lebih disinergikan untuk mencapai sasaran utama pemekaran tadi. Sinergi yang paling dibutuhkan untuk percepatan ini tentu saja sarana dan prasarana. Akses-akses yang selama ini kurang memadai seperti  jalan, jembatan, komunikasi, transportasi dan lain sebagainya perlu dioptimalkan.

Sepuluh tahun yang lalu Kecamatan Sinunukan merupakan bagian dari Kecamatan Batahan. Kini Kecamatan Sinunukan telah mandiri dan berkiprah di bumi Mandailing Natal sebagai salah satu kecamatan yang menonjol meskipun usianya masih muda. Memiliki sekitar lebih dari 10.000 Kepala Keluarga dengan pendapatan per kapita yang semakin meningkat, Kecamatan Sinunukan telah berkiprah sebagai buah pemekaran yang berhasil dikarenakan faktor perekonomian yang mendasarinya.

Berdasarkan data dari Kepala Desa, tingkat pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) warganya telah mencapai 97%. Hal ini membuktikan bahwa sinergi yang baik akan menghasilkan pembangunan yang berkesinambungan dan menguntungkan semua pihak secara luas. Angka 97% bukanlah merupakan tujuan akhir karena target kita bersama adalah 100%. Semua pasti setuju… Amin…

Admin.

About adichang

PT. Sago Nauli
This entry was posted in Berita and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s